Olahraga Beregu yang Populer di Eropa

Olahraga Beregu yang Populer di Eropa – Olahraga di Eropa cenderung sangat terorganisir dengan banyak olahraga yang memiliki liga profesional. Beberapa liga olahraga di Eropa bahkan disaksikan oleh para penonton yang berasal dari seluruh dunia. Berikut ini adalah beberapa cabang olahraga beregu (tim) yang populer di benua Eropa.

Sepakbola

Sepakbola adalah olahraga paling populer di hampir semua negara Eropa bahkan di dunia. Tim nasional Eropa telah memenangkan 12 dari 21 edisi Piala Dunia FIFA. UEFA, badan pengurus sepak bola Eropa, telah menyelenggarakan UEFA European Championship sejak tahun 1960, dan UEFA Women’s Championship sejak tahun 1984.

Olahraga Beregu yang Populer di Eropa

Liga sepakbola yang paling populer dan sukses adalah Liga Spanyol, Liga Premier Inggris, Bundesliga Jerman, dan Serie A Italia. Liga sepakbola utama lainnya di benua Eropa adalah Ligue 1 Prancis, Liga Portugal, Liga Premier Rusia, Liga Super Turki dan Eredivisie Belanda. Klub-klub top di setiap liga akan bertanding di UEFA Champions League, sementara klub peringkat menengah keatas bersaing di UEFA Europa League.

Kriket

Kriket adalah olahraga musim panas yang populer di Inggris dan telah menyebar ke bagian lain bekas Kerajaan Inggris. Kriket berasal dari Inggris tenggara. Olahraga ini populer di seluruh Inggris dan Wales, dan beberapa bagian Belanda. Kriket juga populer di daerah lain dan juga dimainkan di Eropa barat laut. Namun olahraga ini juga sangat populer di seluruh dunia, terutama di Afrika selatan, Australia, Selandia Baru dan India. judi tembak ikan

Tim kriket Inggris dan tim kriket Irlandia adalah satu-satunya tim Eropa dengan status Uji. Saingan utama Inggris adalah Australia, dan mereka bertanding satu sama lain dalam seri The Ashes. Inggris memenangkan Piala Dunia Kriket pada tahun 2019 dan ICC World Twenty20 pada tahun 2010. Irlandia baru-baru ini menerima status Uji pada tahun 2017.

Ada lonjakan popularitas kriket yang berkelanjutan karena investasi besar dalam permainan T20 domestik dan turnamen berbasis waralaba seperti Euro T20 Slam yang akan dimainkan antara tim berbasis kota Irlandia, Skotlandia dan Belanda.

Rugby

Persatuan Rugby populer di Prancis selatan, Inggris selatan, Wales, Skotlandia, Irlandia, dan Italia utara. Meskipun permainan ini dimainkan secara kompetitif di Jerman, Rusia, Rumania, dan Georgia, permainan ini tidak sepenuhnya profesional.

Kompetisi utama Eropa untuk tim nasional rugby adalah Six Nations Championship (Kejuaraan Enam Negara), pertama kali diselenggarakan pada tahun 1883 sebagai Kejuaraan Bangsa-Bangsa. Tim nasional Eropa lainnya bermain di Rugby Europe International Championships. Tim nasional Inggris adalah satu-satunya tim Eropa yang memenangkan Piala Dunia Rugby, sedangkan Prancis menjadi runner-up tiga kali dan Wales mencapai semifinal satu kali.

Tiga kompetisi rugby domestik utama adalah Premiership yang sepenuhnya profesional (Inggris), Top 14 (Prancis) dan Pro14 (Irlandia, Skotlandia, Wales, Italia, dan Afrika Selatan). Piala Champions Rugbi Eropa adalah kejuaraan kontinental utama, dengan klub-klub yang lolos dari tiga kompetisi profesional. Liga Rugby populer di Inggris utara, tempat olahraga ini dibentuk pada tahun 1895.

Hoki Es

Hoki Es sangat populer di level profesional dan amatir di Republik Ceko, Slovakia, Rusia, Norwegia, Swedia, Finlandia, Latvia, dan Eropa tengah utara, tempat ia menyaingi asosiasi sepakbola dalam hal popularitas. Olahraga ini juga populer di tingkat profesional di Jerman, Austria, Swiss, sebagian besar Eropa Barat dan bagian bekas Uni Soviet dan Yugoslavia.

Liga Hoki Kontinental berasal dari Rusia tetapi saat ini menampilkan tim dari delapan negara lain. Liga Hoki Austria, Extraliga Ceko, Liga Eishockey Deutsche, SM-Liiga, Liga Nasional A, dan Liga Hoki Swedia adalah liga profesional lainnya, yang tim-tim topnya bertemu di Liga Hoki Champions.

Kejuaraan Hoki Es Eropa untuk tim nasional dimainkan dari tahun 1910 hingga 1932. Tim nasional saat ini memainkan Kejuaraan Dunia Hoki Es, di mana Rusia / Uni Soviet mengklaim 27 gelar gabungan, Republik Ceko / Cekoslowakia 12 dan Swedia 11.

Basket

Basket berasal dari Amerika. Olahraga ini ditemukan oleh James Naismith di Massachusetts. Di Eropa, basket adalah olahraga tim paling populer kedua di banyak negara, termasuk Yunani, Serbia, Turki dan Spanyol. Di Lithuania ini adalah olahraga nasional. Ini juga sangat populer di Italia, Prancis, Jerman dan semua negara bekas Yugoslavia.

EuroBasket adalah kompetisi bola basket utama Eropa untuk tim nasional putra, pertama kali diadakan pada tahun 1935. Uni Soviet dan Yugoslavia telah memenangkan gelar terbanyak, dengan Spanyol mengklaim tiga gelar juara sejak akhir 2000-an.

EuroLeague adalah kompetisi basket klub paling utama di Eropa. Liga ini didirikan sebagai FIBA ‚Äč‚ÄčEuropean Champions Cup pada tahun 1958, tetapi diselenggarakan oleh asosiasi Bola Basket Euroleague sejak tahun 2000. Secara global, ini adalah kompetisi klub basket paling populer kedua, setelah NBA.

Bola Tangan

Handball dimainkan secara profesional di beberapa negara Eropa. Federasi Bola Tangan Eropa menyelenggarakan kompetisi untuk tim pria dan wanita. Tim-tim Eropa telah mendominasi Kejuaraan Bola Tangan Pria IHF Dunia dan juga telah memenangkan sebagian besar edisi Kejuaraan Dunia Bola Tangan Wanita IHF. Tim pria terkemuka termasuk Jerman, Prancis, Spanyol, Swedia, Denmark, Islandia, Slovenia, dan Kroasia, sedangkan Norwegia mendominasi kejuaraan wanita sejak tahun 2000-an.

EHF Champions League adalah kompetisi klub bola tangan yang paling utama untuk tim putra di Eropa dan melibatkan tim-tim terkemuka dari negara-negara Eropa teratas.

Olahraga Beregu yang Populer di Eropa

Voli

Tim-tim Eropa telah memenangkan sebagian besar edisi Kejuaraan Dunia Bola Voli Pria FIVB, yang dipimpin oleh Italia dengan tiga kemenangan. Dalam Kejuaraan Dunia Voli Wanita FIVB, Uni Soviet telah memenangkan lima edisi, Rusia dua, dan Italia dan Serbia masing-masing satu kali. Uni Soviet telah memenangkan tiga medali emas pria dan empat medali emas wanita di Olimpiade.

Konfederasi Bola Voli Eropa didirikan pada tahun 1963, tetapi Kejuaraan Bola Voli Eropa Pria pertama kali diadakan pada tahun 1948 dan Kejuaraan Bola Voli Wanita Eropa pertama kali diadakan pada tahun 1949, dengan Uni Soviet dan Rusia memimpin kedua gelar tersebut.

Liga Champions CEV diadakan setiap tahun sejak edisi 1959-60. Klub Rusia VC CSKA Moscow dan VC Zenit-Kazan masing-masing memenangkan 13 dan enam edisi, sementara klub Italia Modena Volley dan Volley Treviso masing-masing memenangkan empat. Liga Champions Wanita CEV diadakan sejak 1960-61. WVC Dynamo Moscow memenangkan 11 edisi, Uralochka Ekaterinburg memenangkan delapan, dan Volley Bergamo memenangkan tujuh edisi.

Olahraga Lainnya

Olahraga beregu lain seperti futsal, hoki lapangan, dan American Football juga populer di beberapa negara Eropa.

Beberapa kompetisi olahraga menampilkan tim Eropa yang mengumpulkan atlet dari berbagai negara Eropa. Tim-tim ini menggunakan bendera Eropa sebagai lambang mereka. Yang paling terkenal dari kompetisi ini adalah Piala Ryder dalam golf. Contoh lain adalah Piala Laver di tenis, Piala Mosconi di renang, Piala Weber di bowling, Piala Kontinental IAAF dalam atletik, dan Piala Kontinental Curling.